Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi
yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan
sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam
imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman
visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah
penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan
informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
VR(Virtual Reality) pada teknologi game
VR(Virtual Reality) pada teknologi game ini seperti
memayakan dunia nyata dan membuatnya di dalam bentuk 3 Dimensi serta dibuat
seolah-olah dalam game itu kita seperti melakukan aktivitas yang ada seperti di
dunia nyata.
Sistem Virtual Reality
Beberapa sistem virtual reality canggih yang sekarang
digunakan meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik
kekuatan pada aplikasi berjudi dan medis. Pemakai dapat saling berhubungan
dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui
penggunaan alat masukan baku seperti papan ketik dan tetikus, atau melalui alat
multimodal seperti sarung tangan terkabel, polhemus boom arm, dan ban jalan
segala arah. Dalam praktek, sekarang ini sangat sukar untuk menciptakan
pengalaman realitas maya dengan kejernihan tinggi karena keterbatasan teknis
atas daya proses, resolusi citra, dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun,
pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasai dengan berkembangnya
pengolah, pencitraan, dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat
biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.
Ada syarat- syarat yang harus ada dalam VR/ VE adalah:
- Gambar/ grafis/ penglihatan 3-D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna.
- Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan “dunia” 3-Dnya.
Contoh aplikasi dalam berbagai bidang
1.
Manufaktur : Pengujian Rancangan, Prototipe Semu
(autocad, 3dmax), Analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, produksi
dan pemeliharaan.
2.
Arsitektur : Perancangan gedung. Bidang ketiga
yaitu militer : pelatihan (Pilot, Astronot, Pengemudi), Simulasi Peperangan(
Cry Engine 3).
3.
Kedokteran : pelatihan pembedahan, terapi fisik.
4.
Penelitian / pendidikan : studi tentang topan,
konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks.
5.
Hiburan : Museum Virtual, Permainan balap,
Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski.
Contoh Game yang menggunakan VR.
Dalam permainan ini penerapan VR dimaksudkan agar pemain melakukan aksi seperti melakukan kehidupan di
dunia nyata sehari-hari. seperti berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang
sekitar walau hanya dalam bentuk 3 Dimensi.
Cotohnya:
1. The Sims
2. Idol Street
3. Audition
Adapun contoh aplikasi yang menggunakan Virtual Reality yaitu Simulasi Terjun Payung.
Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan
pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk
melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan
sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya
dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
Pengaruh Virtual Reality di dunia "change the world"
Menurut saya Virtual Reality mempunyai pengaruh besar karena seiring perkembangan VR Teknik-teknik nya dapat mempengaruhi tingkah laku manusia, komunikasi interpersonal, dan pengetahuan manusia.Selain itu semakin banyak kita menghabiskan waktu di dunia virtual,
akan terjadi perpindahan perlahan-lahan ke dunia virtual tersebut, yang
akan berdampak pada bidang ekonomi, budaya, dan pandangan global.Manfaat
yang paling terasa, virtual reality dapat dipakai untuk menciptakan
ilusi dan imajinasi nyata jadi dapat mengurangi biaya terutama dalam
project-project yang secara fisik lebih mengeluarkan biaya dibandingkan
dengan memanfaatkan Virtual Reality.
Daftar Pustaka
No comments:
Post a Comment