KONSEP MEMBUAT GAME "PETUALANGAN KESATRIA DRAGON"
LATAR
BELAKANG CERITA
Pada suatu massa
terdapat sebuah Planet Flower paradise dan didalamnya terdapat masyarakat yang
hidup rukun dan sejahtera. Suatu ketika masuklah para perompak yang datang dari.lanet
lain yang ingin merebut planet tersebut dan menguasainya. Seketika Planet
Flower pradise menjadi hancur dan menjadi lautan api dan asap. Masyarakat
banyak yang dikurung dan dipekerjakan secara paksa. Gedung-gedung, taman-taman
menjadi hancur rata dengan tanah.
3 Tahun setelah planet
flower paradise dikuasai oleh perompak, muncullah seorang anak yang dilahirkan
dari masyarakat yang dipekerjakan secara paksa oleh patriot yang mempunyai jiwa
pahlawan. Terlihat dari tingkah lakunya dan karakter yang sudah bisa ditebak
oleh seorang peramal yang yang bekerja pada ketua prampok tersebut. Kemudian setelah
mendengar kabar tersebut ibu dari anak tersebut menyembunyikan anak itu agar
tidak tertangkap oleh perampok. Anak itu dititipkan ke sebuah daerah yang jauh
dari kuasa prampok. Tibalah disebuah daerah yang ada di hutan yang rimbun dan
anak itu dititipkan oleh seorang pendekar yang sangat hebat di zamannya.
10 tahun kemudian anak
itu beranjak menjadi rwmaja yang semakin tangguh karena dididik oleh pendekar
tersebut agar dapat merebut kembali kejayaan planet mereka. Anak itu diberi
nama Kesatria Naga. Kesatria ini mempunyai misi untuk menyelmatkan planet nya
dari kuasa prampok jahat. Saat perjalannya menuju ke planet dan bertemu dengan
penguasa planetnya yang jahat, kesatria harus mengumpulkan 7 benda sakti untuk
mengalahkan prampok.
Disetiap perjalanan
ksatria ini akan mengalami rintangan yang lama kelamaan akan menjadi sulit.
Dibutuhkan ketangkasan dan kekuatan untuk bisa masuk ke rintangan selanjutnya.
Disetiap akhir dari akhir rintangan ksatria akan mendapatkan senjata yang akan
dikumpulkan dan dipakai sebagai pelindung atau perisai diri.
RANCANGAN
GAME
Game ini menceritakan
tentang perjuangan seorang kesatria yang ingin mengembalikan kesejahteraan
planetnya yang dikuasai oleh perampok. Kesatria ini harus berjalan jauh untuk
sampai ke pelanetnya. Dan disetiap perjalanan kesatria ini selalu mendapat rintangan untuk menuju ke planetnya untuk
melawan prampok. Tetapi di setiap perjalanan ksatria akan menemukan 7 buah
senjata kyang nantinya akan digunakan sebagai senjada dan perisai untuk melawan
prampok di akhir perjalanannya.
Elemen yang terdiri
dari karakter, map dan animasi original dibuat oleh penyusun. Sedangkan sound
berasal dari bawaan dari IG Maker
Implementasi Game “Petualangan
Kesatria Dragon”
Proses pembuatan game “Petualangan
Kesatria Dragon” terbagi menjadi beberapa tahapan diantaranya sebagai berikut :
1. Pengumpulan Materials àTab
materials merupakan langkah awal pada pembuatan game “Petualangan Kesatria
Dragon”, semua bahan-bahan yang berhubungan dengan karakter, font,sound effect,
map, icon dan peluru harus terkumpul pada tab ini. Untuk memulainya pilih menu
Materials dan setelah itu dapat dicreate semua bahan-bahan tersebut diatas
berdasarkan fungsinya masing-masing.
2.
Pembuatan Animationà
Pada tab animation, bisa diatur efek-efek orang berjalan, berlari, attack,
walking dan shooting yang bisa ditampilkan pada game baik ketika mode
penjelajahan map atau mode shooting. Untuk memulai membuat animasi tentukan
dahulu karakter yang akan dijadikan animasi, setelah itu klik shooting lalu
pilih tab animation.
3.
Pengaturan Gadgetsà
Untuk menyempurnakan animation, maka tidak bisa dilupakan bahwa pada tab ini
harus ditentukan registering action, emergency setting, moving and jumping setting,
dissappearance setting dan projectile setting yang disesuikan dengan kebutuhan
karakter.
4.
Pembuatan Kanvas atau Map Pada game “Petualangan
Kesatria Dragon” terdapat beberapa kanvas atau map. Untuk membuat map ada pada
tab kanvas dan tile. Pertama masuklah pada tab tile, kemudian create tile dan
tentukan grapihc bahan yang akan dijadikan kanvas atau map.
5.
Memasukkan karakter ke dalam kanvas atau
mapUntuk memasukan karakter dalam map merupakan hal yang paling mudah dilakukan
karena dengan drug dan drop saja karakter sudah bisa masuk kedalam map atau
kanvas. Namun yang jadi persoalan adalah ketika game dijalankan (Running),
terkadang karakter tidak berjalan sesuai angan-angan.Contohnya jika karakter
berjalan tembus dengan benda-benda mati seperti pohon, rumah, batu dan lain-lain.
KESIMPULAN
Dari hasil pembuatan
game Petualangan Kesatria Dragon dapat disimpulkan bahwa :
- · Pembuatan game RPG menggunakan software IG Maker dilakukan dengan baik.
- · IG Maker dapat me-load gambar dari gambar karakter yang kita buat sendiri.
- · Game Petualangan Kesatria Dragon merupakan game yang mudah dijalankan dan ceritanya mudah dipahami.
- · Game Petualangan Kesatria Dragon tidak memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi.
- · IG Maker ialah software pembuat game dengan drug dan drop.
DAFTAR PUSTAKA
http://repository.amikom.ac.id/files/Naskah%20Publikasi%2008.01.2439.pdf